Rabu, 23 Desember 2015

Memaksimalkan Ikhtiar,Menyerahkan Hasil




Ibu saya menginginkan anak-anaknya menjadi seorang insyinyur (sarjana teknik) dan bekerja sebagai PNS. Saya termasuk yang diproyeksikan menjadi seorang sarjana teknik karena prestasi akademik saya diatas saudara saya yang lain. Kini saat semua anaknya sudah bekerja, tidak ada satu-pun anaknya yang menjadi sarjana teknik (karena tidak ada yang masuk) dan menjadi PNS.

Banyak harapan orang tua kepada anaknya, khususnya terkait dengan masa depan. Orang tua memiliki impian, anak juga memiliki impiannya sendiri. Tentu ada gurat kecewa yang ditampakan oleh ibu saya. Namun Bapak segera menyadarkan bahwa kita tidak bisa memaksa takdir yang sudah Allah tentukan. Segala ikhtiar sebagai orang tua tentu sudah banyak dilakukan ibu saya untuk mencapai impian bagi anaknya. Tetap ketentuan Allah-lah yang terjadi.

Hanya berharap kepada Allah adalah pandangan yang penting untuk membuat hati tenang. Fokus kepada manfaat dan selalu berupaya optimal dalam berbagai keadaan.

Dan Katakanlah: "Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan (Q.S. At Taubah : 105)

Saat sudah menyerahkan segalanya  dan hanya berharap kepada Allah, maka tidak perlu lagi berfikir secara berlebihan tercapainya sebuah target. Keyakinan hanya berharap kepada Allah menciptakan konsekuensi bekerja sebaik-baiknya. Pun, saat hasilnya tidak sesuai harapan tidak akan menciptakan kekecewaan yang berat.


Saat hati gelisah dengan capaian yang jauh dari harapan, berserah sepenuhnya adalah jawaban terbaik. Tetap fokus mengerjakan hal-hal yang bisa dilakukan untuk memperbaiki keadaan. ”ngotot’lah secukupnya, bekerjalah secara optimal dan percaya saja apapun hasilnya Allah mempersiapkan yang terbaik.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com.com