Rabu, 23 Desember 2015

Berharap Hanya Kepada Allah


Setiap upaya yang kita lakukan berharap selalu membuahkan hasil. Kita begitu senang apabila hasil yang diperoleh sesuai dengan apa yang kita harapkan, apalagi melebihinya. Namun, terkadang yang terjadi tidak sesuai yang kita inginkan. Disinilah perlunya sikap berserah hanya kepada Allah.

Tugas manusia hanyalah menyempurnakan ikhtiar apa yang ia mampu lakukan. Melakukan yang terbaik dari hasil pemikiran terbaik. Urusan hasil biarlah menjadi ketetapan Allah.

Saat memiliki keinginan, kita akan berusaha seoptimal mungkin untuk meraihnya. Merencanakan dan melakukan yang terbaik, namun hasilnya tetaplah Allah yang menentukan. Segigih dan setangguh apapun ikhtiar tidak akan mampu mengubah takdir yang Allah tentukan. Fokus kita adalah memaksimalkan upaya yang bisa dilakukan.

Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain. dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap. (Q.S. Al Insyirah : 7-8)

Apabila ingin bersekolah di sekolah tertentu, kita perlu belajar dengan rajin dan tekun. Apabila ingin bekerja di suatu lembaga  yang diharapkan, kita belajar dan mengikuti prosesnya dengan serius. Apabila ingin memiliki anak yang sholeh, kita mendidiknya dengan baik dan mendo’akannya. Namun apabila hasilnya tidak sesuai dengan yang diharapkan, berserahlah kepada Allah.

Berharap hanya kepada Allah bukan untuk menjadi alasan kita tidak mengoptimalkan upaya (ikhtiar). Justru karena keyakinan ini-lah, upaya kita harus menjadi lebih maksimal. Berikut manfaat berharap hanya kepada Allah :

1.      Melakukan ikhtiar sesuai syariat Allah
Fokus orang yang berserah diri kepada Allah dalam melakukan ikhtiar untuk menggapai keinginannnya sesuai dengan syariat dan ketentuan Allah. Apapun hasil yang diberikan Allah adalah yang terbaik sesuai dengan tingkat upaya kita.

2.      Membuat fokus dan lebih produktif
Sedikit sekali memikirkan hasil, karena hasilnya sudah diserahkan kepada Allah. Upaya-nya menjadi lebih fokus dan produktif. Hasilnya akan menjadi lebih optimal.

3.      Lebih bersemangat dan antusias
Setiap kejadian apapun yang menimpanya dalam menggapai keinginannya, dilihat sebagai hasil sementara. Ia menjadi lebih bersemangat dan antusias karena janji Allah pasti benar.

4.      Menjadi rendah hati

Ia merasa hasil yang diperolehnya semata-mata atas kekuatan dan kuasa Allah. Ia merasa upayanya hanyalah sekedarnya, bahkan sedikit sekali. Ia menjadi rendah hati dan tidak menyombongkan upayannya.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com.com